Senin, 17 Oktober 2011

Tugas 2


Monitor : perangkat hardware yang berfungsi menampilkan interuksi yang telah di prose computer. Secara sederhana monitor berguna untuk menampilkan data-data dan informasi.
Keyboard : hardware pemberi interuksi yang digunakan user untuk memasukkan perintah kepada computer. Keyboard berbentuk papan yang terdiri dari angka-angka, dan huruf-huruf. Secara umum terdapat beberapa jenis keyboard diantaranya :
  • Keyboard QWERTY
    Sesuai dengan namanya QWERTY yang merupakan deretan huruf pada barisan paling atas pada keyboard
  • Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiens
  • Keyboard KLOCKENBERG
    Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kana

Mouse : termaksud salah satu hardware input yang berfungsi memasukkan interuksi-interuksi. Berbeda dengan keyboard,mouse tidak bisa memasukkan perintah berupa data-data dan tulisan. Namun secara umum mouse dapat memasukkan perintah yang bersifat fungsional. Mouse terdiri dari 2 buah tombol dikiri kanan yang berfungsi memasukkan perintah-perintah yang beragam. Selain itu saat mouse digerakkan, dilayar monitor pointer akan mengikuti arah gerakan mouse sesuai interuksi users. Dewasa ini mouse memiliki ‘’saingan’’ yaitu touchpad pada Laptop(notebook), yang memiliki fungsi yang sama persis dengan mouse.
Power supply : jenis perangkat yang berhubugan dengan aliran listrik pada komputer. Power supply berfungsi sebagai pengubah satu bentuk energi listrik ke bentuk energi lain. Selain itu power suplly juga berfungsi mengatur tegangan listrik yang akan disampaikan kepada perangkat elektronik agar tetap dalam keadaan normal. (google)
Hardisk : hardisk adalah media penyimpanan data yang bersifat sekunder (primer RAM). Hardisk berfungsi sama seperti memori, yang berfungsi menyimpan data oleh user. Data yang sudah disimpan didalam hardisk tak akan hilang saat komputer dimatikan. Namun, data didalam hardisk bisa saja hilang karena virus atau hal-hal troubled lain. Pada awalnya hardisk hanya berupa bentuk internal yang tertanam didalam CPU, namun saat ini hardisk terdapat dalam berbagai bentuk baik USB, internail, maupun Eksternal dan dengan berbagai kapasitas pula. Ada yang mampu menyimpan banyak data ada juga yang tidak terlalu banyak.

RAM : Random acces Memory adalah memori penyimpan primer. Artinya saat user sedang membuka sofware atau suatu program RAM yang mengelola semuanya. Ini berarti kecepatan akses suatu program dalam suatu komputer sangat tergantung pada kapasitas suatu RAM. RAM itu bagaikan sebuah jalan raya semakin besar maka jalur atau tinggat akses program semakin tinggi. Dan sebaliknya. RAM ada yang 1 GB,2 GB, dan seterusnya. Ada jenis PC yang mengunaka 2 slot, artinya dapat dimasukkan RAM secara Double, dan adayang model Single.

DVD Room : adalah hardware berupa alat yang bisa membaca data dalam bentuk keping DVD/CD/VCD. Terdapat banyak sekali jenis DVD Room. Secara umum berfungsi membaca data dalam keping CD dan dapat memBurn data sehingga bisa disimpan di dalam keping CD. Beda antara DVD R dan DVD RW adalah jika DVD R hanya bisa membaca data dalam bentuk keping CD, sedangkan DVD RW setelh bisa membaca juga bisa memBurn data kebentuk DVD.
Processor : jika kegiatan manusia dikendalikan oleh otak, maka komputer dikendalikan leh alat yang bernama prosesor. Hardware ini berfungsi sebagai alat pemprosesan data yang diinteruksika oleh User lewat media Input. Dan setalah data di proses data dikirim ke media Output. Suatu prosesor akan berkembang sesuai perkembangan zaman.
NIC : network interface card adalah berfungsi sebagai jembatan dari Komputer ke sebuah jaringan komputer . Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah token ring , dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapte
VGA : Video Graphics Adapter adalah pengubung dari PC ke Monitor saat ini VGA hanya digunakan pada jenis PC. Sedangkan pada Laptop VGA seperti ini tidak digunakan lagi, namun l ada bentuk lain yang lebih mutakhir. Jumlah lubangnya ada 15.
Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor




Tidak ada komentar:

Posting Komentar